Kampung Inggris (Pare)

Standard

Kali ini gw akan mengupas sedikit tentang cara gw menghabiskan waktu yang bermanfaat di sela-sela masa menjadi pengangguran,,, secara pada saat itu  (2013) baru kelar wisuda..hihihihihihi…

Setelah wisuda semua orang termasuk gw pasti sibuk mencari pekerjaan. Nah rata2 atau sebagian besar perusahaan yang gw lirik itu mengharuskan bisa bahasa inggris aktif.  Amsyooonggg lah gw klo gitu karna bahasa inggris gw masih ecek-ecek, klo di tanding sama anak sd sekarang mah gw kalah kali. Wong Cuma tau “yes” sama “no” dong (malu dah gw). Karena gw ga mau memepermalukan diri saat interview nanti makanya gw harus belajar bahasa inggris dengan benar . setelah googling dan tanya sana sini maka terpilihlah kampung inggris (pare). Dari info yang gw dapet di blog sama sharing pengalaman temen, kampung inggris menawarkan hal yang sangat gw impikan yaitu bisa bahasa inggris dengan waktu singkat,, yaaaa pasti lebih dari kata “yes” sama “no” lah ya.

Ok biar ga banyak curhat, jadi gw langsung aja berbagi tips berdasarkan pengalaman gw sebelum dan saat di sana:

  1. Niat dan siapin mental, itu yang paling penting karena klo lo ke sana Cuma setengah hati nanti lo susah juga. Kenapa gw bilang begitu karena di sana desa bener, kaga ada angkutan umum berseliweran kaya di jakarta dan lokasi kampung inggris itu jauh banget dari kota kediri.
  2. Jangan pernah tergiur sama agen perjalanan yang menawarkan paket tempat tinggal (camp atau kosan), tempat kursusan dan sepeda. Pengalaman yang gw dapet langsung dari temen camp gw, dy ikutan agen ternyata sampe sana dy blm terdaftar di camp dan di tempat kursusan padahal dy bayarnya mahal banget. Nah loh. Klo udah kaya gini kan jadi ribet dan lo harus nombok banyak.
  3. Cari tau segala tentang tempat kursus dan sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan lo. Dan cari tau tempat tinggal yang akan jadi tempatin selama lo di kampung inggris. Klo lo pilih camp lo harus cari tau juga camp tersebut program camp nya apa aja dan peraturannya apa aja. Klo lo udah sreg sama camp atau kosannya lo tinggal booking atau klo bisa langsung bayar ya bayar aja biar hati lo tenang pas sampe sana.

Web dan no telp tempat kursus dan camp yang gw tw ya:

  • Camp Alfalfa (pemilik Miss Indah)

Web: Alfalfapare.com

Contact person : 085749203036

  • Peace (Tempat kursus dan ada campnya juga)

Web: kampunginggrispeace.blogspot.com

Contact person : 081556661082

  • Cherry (tempat kursus dan camp) (pemilik Miss Austin)

Web : www.cherryenglishcamp.com

Contact person : 085330227200 / 08563591779

  • Bob (camp dan tempat kursus)

Web: www.BobKaryaRaya.com

Contact person : 085655681416 (bisa nanya via Whatsapp)

  • Elfast (camp dan tempat kursus)

Web: www.elfast-pare.com

Contact person : 0354-399844 / 081335378107

(note: jangan lupa cari tau periode programnya buka tanggal berapa ya!)

  1. Semua udah beres, lo tinggal cari tiket yang ke kediri. Karena gw dari jakarta gw prepare naek kereta karna pas lagi ada promo ultah KAI (executive Cuma 100ribu doang). Dari stasiun kediri lo jangan mau naek becak buat ke tempat mobil yang ngaterin lo ke kampung inggris karena mahal. Klo di stasiun ada mobil yang langsung ke kampung inggris lo naek aja. Klo lagi amsyooong kaya gw, lo gw saranin jalan aja sampe ketemu jalan raya. Klo ada ojek yang nawarin jasanya ke lo, lo tanya dulu ongkosnya berapa. Lo jangan langsung iya aja ya, lo harus nawar. Dulu pas bbm belum naek Cuma 35 ribu doang dari stasium sampe tempat tujuan. Harga ojek sama mobil sama aja. Ni gw bagi no telp supir langganan gw saat disana, namanya pak imam (081335187694 / 085735828618).
  2. Udah sampe kosan lo registrasi ulang deh ke yang punya kosan/ camp atau panjaga kosan/camp. Setelah itu taro barang trs beberes diri lalu cari tempat sewa sepeda deh. Sepeda di sini sangat penting karena selama lo disana lo bakal sangat perlu sepeda secara tempat kursusan satu dengan yang lainnya jauh ciiiinnnn, dan disana kaga ada angkutan umum macam di kota. Harga sewa sepeda bervariatif tegantung tempat, jenis sepeda dan kualitas sepeda, dulu sih (2013) range harganya dari 50ribu sampe 200ribu. Perlu diingat jangan sewa sepeda langsung 2 bulan atau lebih. Lebih baik sewa 1 bulan dulu, klo menurut lo sepedanya OK dan ga masalah selama sebulan ya lo tinggal lanjut aja, tapi klo di tuh sepeda menurut lo ga enak atau bermasalah sebelum masa sewa lo berakhir, lo bisa kok minta tuker sepedanya tapi ada syaratnya ya.
  3. Kendaraan dapet, saatnya registrasi atau daftar tempat kursus. Klo ga tau tempatnya atau masih bingung mau pilih kursus dimana atau ambil program apa tinggal tanya aja sama temen yang udah duluan tinggal di camp atau teacher yang ngajar dicamp. (ingat jangan malu bertanya, nanti sesat di jalan loh) hihihihihihihi
  4. Selama di kampung inggris jangan lupa nongkrong biar dibilang anak gaul pare (kampung inggris), tempat nongkrong anak pare sih di ketan susu sama warung pecel ayam deket daffoldis (lupa namanya), warung jamur, dan juga lu wajib nyobain jagung di amsterdam ya. trz klo punya duit lebih lo bisa maen ketempat pariwisata yang ada dan deket sama kampung inggris, daerah yang bisa lo datengin dengan biaya murah klo menurut gw sih malang, bromo, pulau tidung dan masih banyak lagi. Biasanya sih tempat kursus atau anak2 camp nyelenggarain jalan-jalan. Oh iya jangan lupa pergi ke kota kediri biar gaul sedikit.hihihihihihi

Segitu dulu dari saya, semoga bermanfaat.

maunya sih nulis cerita tapi apa daya keterbatasan waktu dan klo nulis panjang nanti yang baca malah pegel..hehehehehe

Happy New Year 2015..

Leave a Reply

